Proposal Kewirausahaan Es Sate Buah Saus Coklat kelompok 2 SOS B UTM



PROPOSAL
ES SABU-SABU (ES SATE BUAH SAUS COKLAT)


Dibuat sebagai tugas mata kuliah
Kewirausahaan


 







   Dosen Pengampu :
M. Zainuddin Lutfi Fauzi, M.Sosio


Di Susun Oleh
Kelompok 2 :

Muhammad Reza                                150521100047
Yuliana Nur Wardani                          150521100064
M.Fuji Suprapto                                  150521100065
Alfiatul khairiyah                                150521100080
Erika Dyah Hastari                             150521100083


PROGRAM STUDI SOSIOLOGI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
BANGKALAN
2017


 
KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, akhirnya penulis dapat menyelesaikan proposal kewirusahaan dengan judul “Es Sabu-Sabu (Es Sate Buah Saus Coklat)” dalam mata kuliah kewirausahaan ini dapat selesai tepat pada waktunya.
Dalam penyusunan proposal ini, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, khususnya kepada Bapak Lutfi Fauzi, M. Sosio,  selaku dosen penanggung jawab mata kuliah ini dan dosen pembimbing laporan proposal ini sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal tersebut.   
Penulis menyadari bahwa penyusunan proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, maka kritik dan saran yang bersifat membangun sangatlah dibutuhkan guna memperbaiki kekurangan yang ada.  Akhir kata penulis berharap makalah ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para pembaca pada umumnya dan pada penulis pada khususnya.




    Bangkalan, 20 September 2017



       Tim Penulis







DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL........................................................................................................    i
KATA PENGANTAR......................................................................................................   ii
DAFTAR ISI.....................................................................................................................    iii
BAB I       PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang .............................................................................................   1
1.2 Rumusan Masalah.........................................................................................  2
1.2 Tujuan Penelitian .........................................................................................   2
1.3 Manfaat Penelitian.........................................................................................  2
BAB II      PEMBAHASAN
     2.1 Deskriptif Produk .........................................................................................  3
     2.2 Rencana Pemasaran ......................................................................................   5
     2.3 Analisis SWOT .............................................................................................  7
     2.4 Perencanaan Permodalan ..............................................................................  8
BAB III      PENUTUP
                 3.1 Kesimpulan ...................................................................................................  10
                 3.2 Saran .............................................................................................................  10




BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Wirausaha merupakan seseorang pembuat keputusan guna membantu terbentunya  sistem perekonomian. Dengan kewirausahaan yang dilakukan maka akan dapat mendukung kesejahteraan masyarakat dan dapat pula menghasilkan finansial. Berwirausaha memiliki manfaat bukan hanya untuk diri sendiri melainkan juga untuk orang banyak, dengan berwirausaha maka akan dapat membantu perekonomian dengan menyediakan pekerjaan dan memproduksi barang dan jasa bagi konsumen. Pada dasarnya setiap orang tertarik dengan kewirausahaan karena sebab berbagai imbalan dapat dikelompokkan melalu laba, kebebasan maupun kepuasan salah satunya melalui usaha es sate buah saus coklat. Buah dikenal kaya akan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh. Sehingga buah menjadi salah satu bahan yang banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Bukan hanya buah, masyarakat pun banyak menggemari coklat. Buah dan coklat menjadi makanan favorit bagi masyarakat yang memiliki banyak penggemar. Seiring berkembangnya zaman, di ikuti pula perkembangan inovasi dan kreatifitas. Kini telah muncul kreasi makanan yang di buat dari bahan dasar buah dan coklat. Uniknya dalam kreasi tersebut buah dan coklat dipadukan menjadi olahan seperti sate. Ini bukanlah sate yang dibakar seperti pada umumnya. Es sate buah saus coklat merupakan sebuah inovasi makanan yang menyajikan buah yang ditusuk layaknya sate dengan dipadukan coklat yang kemudian dibekukan kedalam kulkas yang kemudian menjadi es. Es sate buah saus coklat memiiki sensasi segar, manis, dan memiliki daya tarik yang membuat orang ketagihan. Sate buah coklat menggunakan sajian seperti sate yang dibekukan menjadi es. Keunikan sate yang dibuat dengan perpaduan bahan buah dan coklat yang keduanya memiliki daya tarik favorit yang tinggi dikalangan masyarakat. Es sate buah saus coklat ini memiliki peluang sasaran pemasaran yang pas harganya menyesuaikan sesuai dengan kondisi pemasaran dan target pemasaran. Usaha es sate buah saus coklat ini tidak mengenal waktu dan juga musim sehingga usaha ini cocok untuk pilihan usaha yang dijalankan apalagi target pemasarannya adalah daerah Madura, yang memiliki kondisi yang panas, sehingga cocok jika es sate buah saus coklat tersebut ada. Faktor-faktor tersebutlah yang melatarbelakangi penulis memuat proposal usaha dengan judul “Es Sabu-Sabu (Es Sate Buah Saus Coklat)”.

1.2              Rumusan Masalah
1.         Apa saja bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan  Es Sabu-Sabu  (Sate Buah Saus Coklat)?
2.         Bagaimana cara pembuatan Es Sabu-Sabu  (Sate Buah Saus Coklat)?
3.         Bagaimana analisis SWOT dari produk pemasaran tersebut?

1.3              Tujuan Penulisan
1.         Mengetahui bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan  Es Sabu-Sabu (Sate Buah Saus Coklat).
2.         Untuk mengetahui cara pembuatan Es Sabu-Sabu (Sate Buah Saus Coklat).
3.         Mengetahui analisis SWOT dari produk pemasaran tersebut.

1.4              Manfaat Penulisan
1.         Manfaat Teoritis
a.    Proposal ini di buat untuk memberikan kontribusi dalam hal perkembangan ilmu pengetahuan terutama dalam hal untuk perkembangan disiplin Ilmu Sosiologi.
b.    Menjadi sumber pengetahuan dan wawasan baru bagi kalangan pembaca khususnya bagi mahasisiwa Universitas Trunojoyo Madura.
c.    Memberikan gambaran kepada pembaca tentang peluang dalam berwirausaha.
2.         Manfaat Praktis
a.    Melestarikan budaya Tri Dharma perguruan tinggi bagi mahasiswa dalam menumbuhkan jiwa peduli terhadap permasalahan sosial.
b.    Menjadikan mahasiswa untuk peka dan menumbuhkan jiwa kreatifitas dan inovasi mahasiswa melalui berwirausaha.
c.    Memberikan kontribusi terhadap pemerintah lokal untuk berperan dalam menumbuhkan kesejahteran masyarakat dan membantu sistem perekonomian dengan produktifitas melalui wirausaha.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1              Deskriptif  Produk
2.1.1    Nama Produk
Nama produk untuk kewirausahaan ini adalah Es Sabu-Sabu (Es Sate Buah Saus Coklat). Produk dari kewirausahaan tersebut adalah berbahan dasar dari buah. Buah yang selalu menjadi konsumsi bagi masyarakat dikenal kaya akan nutrisi dan manfaat yang di perlukan bagi tubuh. Buah menjadi salah satu bahan yang banyak digemari oleh masyarakat. Selain buah, coklat juga merupakan bahan makanan yang menjadi favorit kalangan masyarakat. Bagi para pencinta buah dan coklat perpaduan antara buah dan coklat akan menjadi sesuatu hal yang nikmat bagi penggemar buah dan coklat. Kini telah muncul kreasi makanan yang dibuat dari bahan buah dan coklat. Uniknya lagi perpaduan tersebut dikemas menjadi seperti sate. Ini bukanlah sate yang dibakar seperti sate pada umumnya. Sate buah saus coklat merupakan inovasi makanan yang menyajikan buah yang ditusuk layaknya sate dengan perpaduan coklat. Sate yang dibuat menggunakan bahan buah bukan daging dengan saus coklat dan bukanlah dengan saus kacang, yang dikemas dalam bentuk es padat. Makanan es sate buah saus coklat tersebut merupakan makanan yang cocok untuk semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa. Sate buah saus coklat memberikan sensasi rasa segar, manis dan menggoda yang membuat daya tarik tersendiri dan dapat membuat banyak orang ketagihan.
Proses pembuatan es sate buah coklat tidaklah sulit dan mudah untuk membuatnya. Buah yang akan digunakan dapat menggunakan berbagai macam buah. Saus coklat yang digunakan juga sangat mudah untuk diraciknya. Tampilan sate buah coklat yang menarik dengan beraneka ragam warna buah yang segar dan menggoda membuat makanan ini menjadi salah satu peluang dalam berwirausaha. Pangsa pasar dari usaha sate buah saus coklat juga sangat luas keberbagai lapisan masyarakat. Karena olahannya yang disukai oleh anak-anak hingga orang tua. Usaha sate buah saus coklat merupakan salah satu usaha yang unik dan menguntungkan yang dapat dipilih sebagai usaha yang menjanjikan bagi keuntungan bagi para pelakunya. Pangsa pasar olahan sate buah saus coklat menjadikan peluang dari usaha sanu-sabu ini semakin berpotensi lebih menjanjikan, yang hal tersebut menjadikan jumlah penggemar yang banyak. Usaha sate buah saus coklat menjadi salah satu usaha yang menjanjikan dengan laba yang patut diperhitungkan.
Berbicara mengenai es sate buah saus coklat tentu masih jarang usaha ini  kini bertebaran di masyarakat salah satunya di Pulau Madura. Lokasi di daerah Madura baik kampus dan sekitarnya yang sama sekali belum ada bermunculan usaha es sate buah saus coklat. Sehingga hal tersebut dapat memberika peluang yang besar bagi pelaku dalam melakukan wirausaha ini. Unik dan berbeda sangat disukai oleh pasar begitupun dengan sate buah coklat. Peluang usaha es sate buah saus coklat menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan dan menjanjikan. Hadirnya akan membuat banyak kalangan masyarakat khususnya Madura menyukai produk yang unik dan menyehatkan karena berbahan dasar buah yang segar dengan coklat yang memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh.

2.1.2    Bahan dan Cara Pembuatan
Bahan
1.    Pisang
2.    Nanas
3.    Apel
4.    Pepaya
5.    Dan buah lainnya yang teksturnya keras
6.    Dark chocolate

Cara Membuat Es Sabu-Sabu
1.    Siapkan buah dan bersihkan
2.    Iris buah kecil-kecil sesuai selera
3.    Tusukkan buah-buahan yang sudah di bersihkan dan diiris kecil-kecil kedalam tusuk sate.
4.    Susun buah seseai selera, jika bisa disusun yang rapi dan bervariasi warna (acak warna).
5.    Siram saus cokelat diatas sate buah, atau celupkan sate buah kedalam saus cokelat.
6.    Biarkan cokelatnya mengeras atau tidak meleleh lagi.
7.    Kemudian masukan buah yang sudah dilapisi coklat ke dalam plasti es.
8.    Masukan buah ke dalam kulkas dan tunggu hingga padat. 
9.    Selesai es sate buah saus coklat disajikan.
Cara Membuat Saus Coklat
1.    Rebus dark chocolate yang padat hingga meletup, gunakan api kecil.
2.    Tambahkan susu coklat saat coklat padat di rebus.
3.    Aduk-aduk dan tunggu hingga cokelat meleleh dan tercampur rata.
4.    Tuang cokelat ke dalam wadah.
5.    Sisihkan sejenak.

2.1.3    Sumber Bahan Baku
           Bahan baku yang digunakan bersumber dari  buah-buahan yang segar dan coklat yang dibeli langsung di pasar-pasar terdekat daerah kamal untuk meminimalisir biaya / hemat biaya maka sumber bahan baku berasal dari daerah asal atau dimana usaha itu dilakukan, sehingga selain untuk penghematan biaya dan juga penghematan waktu. Sehingga waktu dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien untuk pengolahan bahan baku.

2.2              Rencana Pemasaran
2.2.1     Strategi Pemasaran
1           Penjual produk dilakukan di area kampus dengan mendatangi gerombolan mahasiswa yang sedang berkumpul santai dan juga diarea luar kampus.
2           Memperkenalkan produk melalui sosial media seperti wa, facebook, instragam dan lain sebagainya. Dengan tujuan agar produk  dapat dengan mudah dikenal dan mendapat ketertarikan konsumen yang banyak.
3           Apabila memesan dengan jumlah produk yang banyak akan mendapatkan bonus berupa pengurangan harga asli (potongan harga) atau penambahan produk. Sehingga dengan begitu orang akan lebih tertarik untuk membeli. Dengan pemberian bonus tersebut akan membuat pembeli merasa diuntungkan dan akan membeli produk secara terus-menerus dan bisa menjadi pelanggan tetap. Adapun strategi tersebut tentunya diharapkan bisa mengenalkan produk dan juga bisa menghasilkan repeat order.
4           Untuk menanggulangi jumlah produksi yang berlebihan karena banyak produk yang belum terjual semua, kami berusaha langsung menawarkan secara luas seperti dosen, pekerja di kampus yang sedang istirahat dan berkeliling ke tempat-tempat hiburan yang banyak orang berkumpul. Sebab kami selalu mengupayakan tidak ada barang yang kembali mengingat produk kami merupakan produk yang memiliki waktu konsumsi cukup singkat.

2.2.2        Sasaran Pemasaran
a           Para Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang berada di area sekitar kampus.
b           Warga sekitar kampus, yang berada di area atau bermukim di sekitar Kampus.
c           Warung-warung atau toko-toko baik di sekitar kampus atau di dalam kampus, guna untuk menitipkan barang dagangan untuk di jual.
d          Jajaran Dosen yang berada di kampus, misalnya di prodi atau di TU Fakultas (saat istirahat kita dapat menjajakan atau menjual produk kewirausahaan tersebut).
e           Menjual  Produk secara Online, yang di maksudkan sasaran  dari produk kewirausahaan ini adalah konsumen-konsumen yang melihat hasil produk kewirausahaan kita secara online, jadi kita membuat satu akun yang khusus untuk menjual dan memasarkan produk kewirausahaan kita dan memasukkan konsumen-konsumen ke dalam akun tersebut, dengan begitu produk tersebut dapat di pasarkan dan di jual di kawasan luas  (Dengan catatan hanya di sekitaran bangkalan, dan sekitaran Kampus UTM).

2.2.3        Penetapan Harga
Penetapan harga terhadap produk lebih memperhatikan modal yang digunakan untuk usaha. Sehingga penetapan harga yang dilakukan tidak merugikan produsen, karena menyesuaikan dengan permintaan dan penawaran serta kualitas produk, supaya produktivitas tetap terjaga dan berkualitas tinggi seimbang dengan harga yang ditetapkan.

2.2.4        Promosi yang dilakukan
Promosi merupakan semua jenis kegiatan pemasaran yang di tujukan untuk mendorong permintaan guna memperkenalkan produk suatu usaha. Promosi yang dilakukan ditunjukan kepada seluruh kalangan masyarakat luas. Area promosi  dalam kampus maupun di luar sekitar kampus, sekitar daerah Kamal maupun daerah Bangkalan. Promosi yang dilakukan berupa leaflet, brosur maupun lewat media sosial.

2.2.5         Pengembangan Produk
Produk akan dikembangkan diberbagai tempat, melalui sarana promosi yang dilakukan. Peningkatan atau pengembangan produk perlu dilakukan dengan memberikan keunikan dari produk tersebut seperti menambahkan variasi untuk produk. Dengan hal tersebut maka produktivitas produk tetap terjamin dan berkualitas serta  menghasilkan pelanggan dengan jumlah banyak untuk kemajuan usaha.  

2.2.6        Pelaksanaan Distribusi
Untuk pelaksanaan distribusi pada produk, digunakan distribusi langsung yaitu dari produsen langsung ke konsumen. Distribusi produk hanya dilakukan di area sekitar pemasaran yaitu area kampuas dan sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir / penghematan biaya waktu serta transportasi, karena melihat produk yang dikelola tidak memungkinkan produk tersebut akan dikirim keluar daerah, sebab tidak memungkinkan bertahan lama. Karena diolah tanpa menggunakan bahan pengawet.

2.3              Analisis SWOT
Kekuatan
a           Es sabu sabu merpakan makanan dari buah yang di bekukan dan dicelupkan pada cokelat dengan pembuatannya sangat sederhana sekali.
b           Es sabu-sabu tidak memakan waktu lama dalam pembuatan.
c           Es sabu sabu dapat dijual dengan harga yang terjangkau untuk mahasiswa UTM dan sekitarnya.
d          Es sabu-sabu memiliki berbagai variasi dan terdiri dari berbagai macam buah yang di sajikan.
e           Es sabu-sabu sangat unik dan jarang sekali di jual di lingkup UTM maupun sekitarnya.
f            Bahan utama mudah didapatkan.




Kelemahan
a           Es sabu-sabu berupa es, maka akan mudah cepat meleleh atau tidak dingin lagi jika lama lama di diamkan dalam proses penjualan.
Peluang
a           Es sabu-sabu adalah produk yang sesuai dengan kantong mahaiswa.
b           Cuaca di UTM yang panas sehingga unsur es ini akan di butuhkan oleh mahasiswa maupun masyarakat sekitar kampus.
Ancaman

a           Bila prospek produk Es Sabu-sabu sangat bagus, maka akan banyak duplikasi yang dilakukan oleh orang lain dan terdapat kemungkinan produk mereka dijual dengan harga yang lebih murah.


2.4              Perencanaan Permodalan
No
Uraian
Satuan
Harga Satuan
Jumlah

Biaya Bahan Baku



1.
Pisang
12 pcs
Rp 1.000
Rp 12.000
2.
Semangka
1 pcs
Rp 8.000
Rp 8.000
3.
Melon
1 pcs
Rp 6.000
Rp 6.000
4.
Pepaya
1 pcs
Rp 6.000
Rp 6.000
5.
Nanas
5 pcs
Rp 7.500
Rp 7.500
6.
Coklat Padat
1 pcs
Rp 20.000
Rp 20.000
7.
Susu Manis
1 pcs
Rp 14.000
Rp 14.000

Biaya Perlengkapan



8.
Suduk Sate
1 pcs
Rp 5.000
Rp 5.000
9.
Plastik
1 pcs
Rp 5.000
Rp 5.000

Jumlah


Rp 83.500

Perhitungan Laba

Harga Pokok = Rp 83.500

Laba yang di inginkan  = Harga Pokok x Persentasi Keuntungan yang di inginkan
                                                  = Rp 83.500 x 120%
                                      = Rp 100.200

                Harga Jual = Harga Pokok + Laba
                              = Rp 83.500 + 100.200
                              = Rp 183.700
            Harga Per Pcs = Harga Jual : Jumlah Produk yang di inginkan
                                    = Rp 183.700 : 50
                                    = Rp 3.500

            Laba = Harga Jual – Harga Pokok
                     = Rp 183.700 – Rp 83.500
                     = Rp 100.200

            Dengan modal Rp. 83.500 dapat menghasilkan 50 bungkus dengan harga Rp 3.500 dan mendapat keuntungan sebesar Rp 100.200
           



BAB III
PENUTUP

3.1         Kesimpulan
Sate buah saus coklat merupakan inovasi makanan yang menyajikan buah yang ditusuk layaknya sate dengan perpaduan coklat. Sate yang dibuat menggunakan bahan buah bukan daging dengan saus coklat dan bukanlah dengan saus kacang, yang dikemas dalam bentuk es padat. Makanan es sabu-sabu merupakan makanan yang cocok untuk semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa. Sate buah saus coklat memberikan sensasi rasa segar, manis dan menggoda yang membuat daya tarik tersendiri dan dapat membuat banyak orang ketagihan. Pangsa pasar dari usaha sate buah saus coklat juga sangat luas keberbagai lapisan masyarakat. Karena olahannya yang disukai oleh anak-anak hingga orang tua. Usaha sate buah saus coklat merupakan salah satu usaha yang unik dan menguntungkan yang dapat dipilih sebagai usaha yang menjanjikan bagi keuntungan bagi para pelakunya. Pangsa pasar olahan sate buah saus coklat menjadikan peluang dari usaha sate saus coklat ini semakin berpotensi lebih menjanjikan, yang hal tersebut menjadikan jumlah penggemar yang banyak. Usaha sate buah saus coklat menjadi salah satu usaha yang menjanjikan dengan laba yang patut diperhitungkan. Proses pembuatan yang sederhana dan tidak rumit.

3.2         Saran
Wirausaha merupakan seseorang pembuat keputusan guna membantu terbentunya  sistem perekonomian. Dengan berwirausaha makan akan membantu kesejahteraan masyarakat melalui berwirausaha. Selain itu berwirausaha merupakan suaru hal bentuk pembelajaran untuk berbisnis, yang nantinya akan dapat mengurangi pengangguran khususnya di Indonesia. Wirausaha ini merupakan bisnis yang cocok sebagai bisnis jangka panjang bagi pelaku bisnis.

                                                                                                           



Komentar

  1. White Gold Casino - Black Titanium Wedding Band
    White titanium oxide formula Gold titanium stud earrings Casino. $7 – titanium hair $9.99, No deposit camillus titanium code, No games. The 라이브스코어 casino has multiple games including video poker, blackjack, slots, table games, table games

    BalasHapus

Posting Komentar